Menu

Deklarasi Tungku Tigo Sajarangan Siap Sukseskan Pemilu 2019 di Agam

  Dibaca : 222 kali
Deklarasi Tungku Tigo Sajarangan Siap Sukseskan Pemilu 2019 di Agam

AMCnews.co.id — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, tandatangani deklarasi tungku tigo sajarangan dalam rangka sukseskan pemilu 2019 yang aman, damai dan badunsanak, di Mapolres Agam, Selasa (4/9).

Deklarasi yang digagas Polres Agam itu, diikuti Kapolres Agam, Ketua DPRD Agam, Ketua KPU Agam, ninik mamak, cadiak padai, alim ulama dan bundo kanduang serta unsur lainnya.

Menurut Trinda Farhan Satria, deklarasi itu sangat besar manfaatnya dan miliki nilai strategis untuk menyiapkan diri dalam menghadapi pesta demokrasi, bahkan pada pertengahan September 2018 sudah dimulai proses lapangannya.

“Pemilu 2019 akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPD RI, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten dan kota,” ujarnya.

Sehingga membuat pemberitaan di media jadi hangat, apalagi untuk presiden calon hanya dua pasang, tidak tertutup kemungkinan kuatnya pro kontra antara pendukung.

Dengan demikian, Trinda Farhan Satria mengapresiasi Polres Agam yang sudah mengantisipasinya terlebih dahulu dengan memanfaatkan semaksimal mungkin nilai-nilai kebijakan di Minangkabau yaitu, tungku tigo sajarangan.

“Di Agam tungku tigo sajarangan perannya sangat besar, termasuk bundo kanduang dalam mebangun kondisi demokrasi yang aman, damai dan badunsanak,” ujarnya pula.

Wabup Agam itu berharap, setelah deklarasi semua unsur baik pemerintah, ninik mamak, alim ulama cadiak pandai dan bundo kanduang maupun lainnya untuk bersama-sama sukseskan pemilu 2019 mendatang.

Sementara itu, Kapolres Agam, AKBP Fery Suwandi, SIK menyebutkan, bahwa 2019 merupakan tahun politik, dalam waktu dekat tepatnya 20 September 2018 sudah masuk jadual kampanye.

“Dengan demikian, kami berinisiatif untuk kumpulkan tungku tigo sajarangan, karena lembaga ini cukup aktif dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan di wilayah hukum Polres Agam,” ujarnya.

Dikatakan, dalam deklarasi dicantumkan badunsanak, ini diambil dari kearifan lokal di Minangkabau, karena badunsanak mampu eratkan silaturahmi antar sesama, meski berbeda pendapat, pandangan dan pilihan tetapi semua tetap bersatu.

Fery berharap, semua yang berperan dalam sukseskan pemilu 2019, agar menjaga keamanan dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak tidak bertanggungjawab yang sengaja manfaatkan situasi.

“Mari kita jaga kekeluargaan, jangan sampai dipecah belahkan oleh pihak tidak bertanggungjawab hanya dengan berbeda pilihan,” tegasnya.
(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional