Menu

SMPN 3 Lubuk Basung Daur Ulang Sampah Jadi Bahan Bernilai

  Dibaca : 192 kali
SMPN 3 Lubuk Basung Daur Ulang Sampah Jadi Bahan Bernilai

AMCnews.co.id — Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, mendaur ulang smapah menjadi bahan yang bernilai dan bermanfaat.

Kepala SMPN 3 Lubuk Basung, Rusdi, Minggu (2/9) mengatakan, sampah yang didaur ulang seperti sampah organik dan anorganik, dengan tujuan menekan volume sampah yang dikirim ke pembuangan akhir.

Dalam pemanfaatan sampah organik, siswa SMPN 3 Lubuk Basung telah mampu mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos, yang digunakan untuk memupuk tanaman yang ada dilingkungan sekolah.

Sementara itu, sampah anorganik didaur ulang menjadi barang- barang yang bermanfaat dan kerajinan tangan. Bahkan siswa sekolah itu sudah mampu mendaur ulang sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Dengan sudah ada kompos, pihaknya memperkaya tanaman toga, dapur sehat, tanaman buah-buahan, tanaman pangan dan hutan sekolah serta kolam ikan.

“Kita juga telah menyediakan air minum siap saji, air dapat langsung dinikmati warga sekolah dengan botol minuman yang mereka bawa dari rumah, untuk mengurangi volume sampah botol minuman,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu membuat sekolah lebih indah dan sejuk, sehingga siswa yang belajar jadi aman begitu juga bagi guru-guru yang mengajar disamping jadi penunjang untuk penilaian sekolah Adiwiyata Mandiri 2018.

Disebutkan, tahun ini SMPN 3 Lubuk Basung akan menuju sekolah Adiwiyata Mandiri, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut dalam penilaian.

Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan bergengsi bidang lingkungan hidup, sehingga penilaiannya tidak lepas dari kebersihan lingkungan sekolah, di mana sekolah ini secara berjenjang sudah meraih adiwiyata kabupaten tahun 2013, adiwiyata provinsi 2014 dan adiwiyata nasional tahun 2015.

“Mudah-mudahan tahun ini kita dapat meraih adiwiyata mandiri, sehingga kita bisa melaju kepenilaian yang lebih tinggi yaitu, ASEAN Eco School Award,” ujarnya berharap. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional