Menu

Warga Labuah Baru Kembangkan Gariang di Kolam Air Deras

  Dibaca : 203 kali
Warga Labuah Baru Kembangkan Gariang di Kolam Air Deras

AMCNews.co.id–Warga Labuah Baru, jorong Muko-Muko, kenagarian Koto Malintang, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, kembangkan masheer (ikan gariang) di kolam air deras (KAD).

Ikan masheer atau yang dikenal dengan nama ikan gariang, ini merupakan jenis ikan yang hidup di air deras, populasinya cukup besar di sungai dan memiliki keunikan

Hal ini menjadi inisiatif bagi Ramli (45), salah seorang warga Labuah Baru, membudidayakan gariang di KAD miliknya, tanpa keahlian khusus.

Ramli, saat ditemui AMCNews.co.id, Rabu (29/8) mengatakan, budidaya gariang ini sudah 10 tahun digelutinya, dan merupakan pengalaman unik baginya.

“Budidaya gariang ini merupakan hal unik bagi saya, karena biasanya untuk mendapatkan ikan ini, masyarakat bisa saja menangkapnya di sepanjang sungai Antokan, ” ujarnya.

Ramli mengatakan, dalam masa pemeliharaan 1 tahun, gariang bisa mencapai ukuran kurang lebih 40 cm dan bobot hingga 1 kg.

“Untuk ukuran 1 kg saya menjual dengan harga Rp280 ribu, ” ujarnya.

Kini gariang menjadi penghasilan besar baginya, karena untuk pemesanan ikan ini, tidak hanya masyarakat lokal saja, gariang juga digemari masyarakat hingga ke mancanegara, diantaranya Singapura dan Malaysia sudah pernah datang langsung ke kolamnya untuk membeli gariang tersebut.

“Menurut ceritanya, gariang merupakan makanan para raja pada zaman dahulu, dan dipercaya dapat meningkatkan stamina, ” ungkapnya

Walau belum dapat panduan untuk pengembangbiakan gariang ini, Ramli mengaku akan terus bereksperimen dan berupaya agar ikan gariang dapat berkembang biak.

“Saya terus mencoba agar gariang dapat berkembangbiak, untuk habitat ini pun tidak masalah kalau digabungkan dengan bermacam ukuran, karena gariang tidak suka memangsa sesama jenis (kanibal),” ulasnya

(AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional