Peserta MTQN ke-3 Garagahan Murni Anak Nagari

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Wali Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Firmandaus, sebutkan peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-3 tingkat nagari murni anak nagari Garagahan.

“MTQ diikuti sekitar 84 qori dan qoriah yang tersebar di seluruh jorong,” ujar Firmandaus disela pembukaan MTQN ke-3 oleh Wakil Bupati Agam, di Masjid Nurul Hidayah, Minggu (29/7).

Disebutkan, peserta yang mengikuti kegiatan itu merupakan utusan dari 26 mushala dan sembilan masjid yang ada di nagari tertua di Lubukbasung tersebut.

“Membuktikan peserta murni anak nagari, panitia pelaksana memberikan persyaratan kepada peserta agar memperlihatkan akta kelahiran dan kartu keluarga saat mendaftar,” katanya.

Menurutnya, ini dilakukan supaya peserta yang mengikuti MTQ benar-benar anak nagari, tidak dibenarkan pengurus mushala dan masjid mengutus anak diluar nagari tersebut.

“Hal itu sebagai upaya meningkatkan kemampuan anak nagari dibidang keagamaan, sekaligus ajang seleksi anak nagari untuk mewakili Garagahan pada MTQ yang lebih besar baik kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional,” ujarnya.

Wakil Bupati Agam, H. Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah mengapresiasi pelaksanaan MTQ yang digelar Nagari Garagahan, bahkan pesertanya murni dari nagari itu.

Menurutnya, nagari yang berprestasi diciptakan anak nagari itu sendiri, sehingga mampu meningkatkan marwah nagari.

“Apapun bentuk kegiatan, utamakan yang mengikutinya anak nagari, supaya bakat dan ilmu dimilikinya dapat tersalurkan dan menjadi pendorong bagi anak-anak lain,” ujarnya.

Disebutkan, menampilkan bakat dan kemampuan anak nagari merupakan hal utama dalam suatu kemajuan dalam nagari disamping peraihan prestasi. “Jika mampu tampil dengan baik, maka prestasi akan mengikuti dengan sendirinya,” ujarnya pula.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *