Menu

Jelang Idul Adha 1439 H, Pemkab Agam Sosialisasi Hewan Qurban

  Dibaca : 237 kali
Jelang Idul Adha 1439 H, Pemkab Agam Sosialisasi Hewan Qurban

AMCNews.co.id — Jelang menghadapi Idul Adha 1439 hijriah, Pemkab. Agam, melalui Dinas Pertanian akan melakukan sosialisasi penanganan hewan qurban kepada panitia qurban yang tersebar di daerah itu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu menjawab AMCnews.co.id, di Lubukbasung, Jum’at (13/7) menyebutkan, sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan panitia qurban masjid dan masyarakat tentang penanganan hewan qurban, baik dari sisi kesehatan hewan maupun syarat yang diamanahkan dalam agama Islam.

“Sosialisasi dilakukan di Kecamatan Palembayan, Matur dan Palupuah, pada 24-26 Juli 2018, yang merupakan sosialisasi setiap tahun di kecamatan yang berbeda,” jelasnya.

Namun, pihaknya sudah melakukan sosialisasi di Kecamatan Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Tanjung Raya, Lubukbasung, Malalak dan Tilatang Kamang, yang dilaksanakan dua tahun lalu.

Pihaknya mendatangkan narasumber dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat, Kementerian Agama Kabupaten Agam dan Dinas Pertanian Agam.

Sementara itu, Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian Agam, Iswan Hendri menambahkan, sosialisasi dilakukan terkait penanganan hewan qurban yang memenuhi unsur ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) serta memenuhi unsur kesejahteraan hewan (Kesrawan).

“Sedangkan peserta sosialisasi meliputi panitia Qurban Masjid atau Mushala, pemerintah nagari, kecamatan, petugas pemeriksa kesehatan hewan di kecamatan,” ujarnya.

Sebelum sosialisasi, Pemprov Sumbar juga melakukan pertemuan koordinasi dan sosialisasi pemotongan hewan qurban sesuai prinsip ASUH bersama perwakilan Kemenag se-Sumbar, MUI se-Sumbar, Dewan Masjid se-Sumbar serta dinas yang menangani fungsi keswan se-Sumbar dan lainnya, di Hotel Imelda Padang, Kamis dan Jum’at (12-13/7).

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional