Selama Libur Lebaran 1439 H, Objek Wisata Agam Dikunjungi 204.320 Wisatawan

  • Bagikan
Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata Tirtasari Sonsang Tilatang Kamang saaat Libur Lebaran

AMC.news.co.id – Selama libur lebaran 1439 hijriah, tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Kabupaten Agam mencapai 204.320 orang. Jumlah ini tercatat sejak awal lebaran Idul Fitri 1439 hijriah sampai H+5 atau akhir libur lebaran.

Dari total 294.320 wisatawan tersebut, tercatat sebanyak 204.217 orang wisatawan nusantara dan turis mancanegara 123 orang yang tersebar di 19 objek wisata yang ada di Kabupaten Agam. Hal itu dijelaskan Kabid Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Kabupaten Agam, Atriswan di ruang kerjanya, Jum’at (22/6).

Dijelaskan Atriswan, dari 19 objek wisata tersebar di berbagai wilayah kabupaten Agam tersebur, seperti di Kecamatan Tanjung Mutiara yaitu Bandar Mutiara, Pantai Tiku. Kecamatan Lubukbasung seperti Lubas Wisata, Lembah Segar. Kecamatan Tanjung Raya yaitu Muko-Muko, Air Terjun Bukik Batu alang, Museum Buya Hamka. Kemudian, di Kecamatan Matur yaitu Ambun Tanai, Lawang Park, XIII Nan Basa, Puncak Lawang.

Kecamatan IV Koto yaitu Janjang Koto Gadang, Taman Raya Balingka. Kecamatan Banuhampu yaitu Lereng Singgalang, Sungai Tanang. Kecamatan Tilatang Kamang yaitu Sonsang. Kecamatan Kamang Magek yaitu Tarusan Kamang. Kecamatan Palupuah objek wisata Bunga Raflesia dan Kecamatan Baso, Ikan Sakti Sungai Janiah.

“Awal lebaran tanggal 15 Juni 2018 wisatawan berkunjung sebanyak 17.968 orang, H+1 sebanyak 27.164 orang, H+2 sebanyak 37.548 orang, H+3 sebanyak 48.627 orang, H+4 sebanyak 46.470 orang dan H+5 sebanyak 26.440 orang,” jelas Atriswan.

Disebutkan, jumlah itu berdasarkan rekapitulasi pengelola wisata masing-masing yang dilaporkan pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam.

Ditambahkan, hingga saat ini, ada satu objek wisata yang belum masuk daftar karena baru dilaunching yaitu wisata Bukik Baka di Kamang Magek.

“Meski baru tetapi sudah ramai dikunjungi wisatawan, dan ini membuktikan kalau potensi wisata di kabupaten Agam sangat diminati wisatawan baik nusantara maupun mancanegara,” ujarnya.

Atriswan meyakini akan ada penambahan kunjungan wisatawan karena perantau dari berbagai daerah di Sumatera Barat masih banyak yang di kampung termasuk masa libur sekolah masih cukup panjang, sampai bulan Juli mendatang. (adp/AMC)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *