Transaksi Ternak Lebaran di Agam Capai Rp. 11,1 Miliar

  • Bagikan

AMC. news.co.id — Transaksi perdagangan ternak pedaging menjelang hari raya Idul Fitri 1429 hijriah di kabupaten Agam menembus angka Rp. 11,1 miliar lebih. Transaksi itu berlangsung selama dua hari terakhir, dengan jumlah 399 ekor sapi dan kerbau pedaging yang disembelih warga untuk kebutuhan lebaran tahun ini.

Hal itu dijelaskan Kadinas Pertanian Agam melalui Kasi. Kesmavet Distan Agam Iswan Hendri.

Dijelaskan, angka transaksi itu sudah diprediksi sebelunya, dimana untuk kebutuhan konsumsi daging lebaran akan mengalami peningakatan yang cukup signifikan.

“Angka itu dengan harga sapi berkisar antara Rp.20 juta- Rp25 juta per ekor, dengan kisses harga daging per kg sekitar Rp120.000 – Rp130.000 ,” jelas Iswan Hendri.

Data yang masuk ke Distan Agam jumlah sapi dan kerbau yang dipotong masyarakat pada H-1 jelang lebaran 134 ekor di kecamatan Lubuk Basung, 87 ekor di Tanjung Mutiara, 85 ekor di Ampek Nagari, 104 ekor di Palembayan, 20 ekor di Tanjung Raya, 14 ekor Matur, 11 ekor Malalak dan 11 ekor Palupuh.

Sapi dan kerbau pedaging itu dibeli masyarakat secara berkelompok, baik jamaah masjid atau kelompok warga, yang dipotong serentak sejak Rabu dan Kamis secara serentak. Data tersebut juga diperoleh dari pasokan sapi dan kerbau pedaging ke beberapa pasar tradisional di kabupaten Agam hingga Kamis sore tadi.

( IF)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.