BKSDA Agam Kembali Temukan 3 Jenis Raflesia

  • Bagikan

AMCNews.co.id —Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, kembali temukan 3 jenis bunga rafflesia yaitu, rhizanthes deceptor, rhizanthes lowii dan rhizanthes infanticida, di Kubu Gadang, jorong Panji, kenagarian Maninjau, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam.

Kepala Resort BKSDA Agam, Syahrial Tanjung didampingi petugas Pengendali Ekosistem Hutan Ade Putra, membenarkan hal itu saat dikonfirmasi AMCNews.co.id, Kamis (19/7).

Syahrial Tanjung menjelaskan, bunga jenis parasit tersebut, jenis rhizanthes  lowii tumbuhan bunga langka yang masuk dalam family rafflesiaceae atau masih 1 suku dengan bunga rafflesiaceae, ditemukan warga sekitar ketika gotong royong pekerjaan jalan kampung.

“Warga yang menemukan tumbuhan langka tersebut langsung memberitahukan kepada petugas BKSDA Resor Agam,” ujarnya

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan petugas BKSDA Resor Agam di lokasi penemuan bunga jenis parasit itu, kuncup atau knop tumbuhan ini berjumlah 13 buah dengan diameter bervariasi dan sudah ada yang melewati fase mekar.

“Bunga yang terbesar ditemukan berdiameter 32 cm, dalam kondisi sudah mulai membusuk, ” ujarnya lagi

Tumbuhan ini biasanya hidup di daerah dengan diketinggian 500 hingga 1300 MDLP untuk di pulau Sumatera khususnya Sumatera Barat.

(AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.