Baznas Agam Salurkan ZIS Rp326 Juta Kepada 160 Mustahik di 6 Kecamatan

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC.- Baznas Kabupaten Agam menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp326 juta lebih kepada 160 mustahik, di aula Bappeda Agam, Rabu (19/9).

ZIS yang disalurkan terbagi dari 5 program yaitu, Agam Makmur, Agam Sehat, Agam Cerdas, Agam Peduli dan Agam Taqwa.

Penyaluran ZIS dilakukan Bupati Agam diwakili Kepala Dinsos Agam, Yunilson dan Ketua LKKS Agam, Ny Yenni Andri Warman.

Yunilson mengapresiasi Baznas Kabupaten Agam, karena sangat konsisten dalam menyalurkan ZIS setiap bulan kepada yang berhak menerima.

“Baznas adalah mitra pemerintah daerah, yang sangat membantu terhadap program terutama tentang sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Karena katanya, belum semua program yang dapat terakomodir melalui anggaran Pemkab Agam, sehingga keberadaan BAZ jadi pendorong dalam memaksimalkannya.

“Bahkan pak bupati membuat kebijakan bagaimana seluruh ASN di lingkup Pemkab Agam ikut berzakat melalui BAZ, agar mendorong peningkatan penerimaan zakat,” katanya.

Apabila penerimaan zakat meningkat katanya lagi, tentu semakin banyak masyarakat yang terbantu. Sehingga Pemkab Agam juga ikut mendorong peningkatan penerimaan zakat di Baznas.

Sementara itu, Ketua LKKS Agam, Ny Yenni Andri Warman mengimbau seluruh pihak agar menginformasikan kondisi masyarakat sekitar tempat tinggalnya, yang dinilai patut dibantu kepada Baznas Agam.

“Melalui informasi disampaikan, nanti kita di LKKS bersama Baznas Agam dan Dinsos akan mensurvei ke lokasi terkait apa yang perlu dibantu,” sebutnya.

Bahkan LKKS bersama Baznas Agam dan Dinsos sudah banyak mendatangi warga, yang dilaporkan dengan berbagai kondisi baik persoalan kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Mari kita bersama-sama mengatasi persoalan ini. Apabila mengetahui kondisi warga yang patut dibantu, segera laporkan baik kepada LKKS, BAZ maupun Dinsos,” ajaknya.

Ketua Baznas Agam, Isman Imran menjelaskan, September ini ZIS disalurkan sebesar Rp1 miliar lebih kepada 466 mustahik.

Penyaluran ZIS dilakukan tiga tahap. Tahap I hari ini, Rabu (18/9), di aula Bappeda Agam sebesar Rp326 juta lebih kepada 160 mustahik untuk 6 kecamatan.

Tahap II besok, Kamis (19/9), di aula Kantor Camat Ampek Angkek sebesar Rp225 juta lebih kepada 98 mustahik dari 2 kecamatan.

Kemudian tahap III, Jumat (20/9), di Mess Pemkab Agam Belakang Balok sebesar Rp472 juta lebih kepada 208 mustahik dari 8 kecamatan.

“ZIS ini disalurkan sesuai amanah dari muzaki yang mempercayakan Baznas Agam mengelola zakatnya, bagaimana bisa membantu para mustahik,” tukasnya.

Dengan begitu, dia berharap ZIS yang disalurkan menjadi berkah baik bagi penerima maupun pemberi.
Penulis : Andri
Editor : Reska/Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *