Pjs Bupati Agam Buka Pelatihan Pengelola Destinasi Wisata

  • Bagikan

Ampek Angkek, AMC .– Pjs.Bupati Agam, Dr.Endrizal,SE,MSi buka secara resmi pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di Destinasi Wisata Kabupaten Agam, di Hotel Sultan Syariah, Kecamatan Ampek Angkek, Selasa (22/10).

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam selama 3 hari, mulai tanggal 22-24 Oktober 2024, diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Agam.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Bupati Agam, Dr Endrizal SE MSi mengatakan, kebersihan lingkungan menjadi faktor utama di dalam penilaian suatu destinasi wisata.

“Hal ini perlu dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya serta pesona yang meliputi aman, tertib, bersih sejuk, indah dan ramah,” ujarnya.

Dikatakan, dalam mengelola objek atau tempat wisata, perlu dilakukan pengelolaan yang baik untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan.

“Pengelola kawasan destinasi pariwisata perlu mewujudkan kebersihan lingkungan sanitasi dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” jelasnya.

Dijelaskan, upaya yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan, baik pada daya tarik wisata, amenitas maupun akomodasi pariwisata, menyediakan sarana dan prasarana sanitasi, baik sampah limbah maupun drainase serta melakukan pengelolaan sampah.


“Diharapkan melalui pelatihan ini para peserta dapat mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan serta dapat menciptakan kolaborasi dalam pengembangan pariwisata di daerahnya masing-masing, sehingga dapat memberikan dampak pada peningkatan penjualan dan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Agam,” harapnya.
Penulis : Hari
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *