Prof TH Sin: Mental Latihan Yang Bagus Buat Atlet dan Pelatih Sukses

  • Bagikan

Padang, AMC – Tdak ada alasan untuk tidak menjadi juara, yang ada hanya sikap berusaha keras untuk berjuang sepenuh hati untuk menjadi juara. Sehingga, mental latihan harus dibenahi.

Demikian benang merah yang disampaikan guru besar UNP, Prof Dr TH Sin, MPd, Kons saat menjadi pemateri pelatihan manajemen organiasi dan pelatih pada Kamis-Sabtu (14-16/12) di Axana Hotel Padang.

Mengawali pemaparannya, Prof TH Sin menjelaskan empat modal yang harus dimiliki seorang atlet, yakni fisik, teknik, taktik dan mental.

Namun, dari empat modal tersebut ada satu lagi poin penting yang menentukan, yakni disiplin. Menurutnya, kedisiplinan itu dapat dilihat dari reaksi dan bersikap terhadap nilai-nilai yang berlaku.

“Ada empat nilai kedisiplinan, yaitu taat atau patuh, tanggungjawab, menjalankan aturan dan bertindak terhadap nilai -nilai yang berlaku,” paparnya.

Disiplin bagi atlet lanjutnya, yaitu bagaimana cara atlet menghadapi latihan dengan pertama mengendalikan diri, mengolah diri, mengontrol diri, konsentrasi dan membangun diri.

Lalu selanjutnya dipaparkan soal persiapan mental atlet. Mental yang dimaksud yakni berusaha dan bekerja keras, tidak ada kata menyerah dalam latihan, berani tampil beda dalam latihan, berani berjuang dalam latihan serta konsentrasi dan fokus dalam latihan.

“Bagi pelatih cara membangun mental atlet yakni menciptakan rasa aman dalam latihan, jangan intimidasi, semangat, bangun komunikasi dan ciptakan rasa kebersamaan dalam latihan,” paparnya lagi.

Keberhasilan membangun teamwork katanya, dapat diukur dari terciptanya rasa aman dan nyaman, rasa cocok, rasa memiliki, rasa kebersamaan serta rasa kedekatan.

“Sehingga mental ini perlu terus dilatih, jika atletnya sukses melatih mental maka pelatihnya juga akan sukses dalam pelatihan,” ujarnya.
Penulis : Depit
Editor : Rezka/Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *