BKMT Agam Kunjungi Ke Kediaman Pendiri BKMT Pusat

  • Bagikan

Jakarta, AMC – Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Agam bersilaturahmi ke kediaman pribadi Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Almh. Prof Hj Tutty Alawiyah di Jalan Raya Jatiwaringin Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (03/11).

Pada kesempatan itu, rombongan dipimpin Bupati Agam diwakili oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Agam Jatirman bersama Ketua BKMT Ny Yenni Andri Warman disambut hangat Sekretaris Umum BKMT Pusat ibu Hj Andalusia Syarif dan pengurus pusat di kediaman pendiri BKMT Pusat itu.

Sebelumnya Hj Andalusia yang juga merupakan adik ipar Almh, saat itu beliau menceritakan bagaimana sejarah perjalan hidup seorang ulama perempuan Hj Tutty Alawiyah yang telah menginspirasi banyak orang dihadapan para pengurus BKMT Agam.

Almarhum, kata Hj Andalusia merupakan seorang perempuan inspiratif yang berjuang dalam mempersatukan umat islam sejak usia remaja.

“Almh Prof Hj Tutty Alawiyah merupakan perempuan dari betawi yang banyak berkiprah sebagai aktivitis muslim dan politisi. Dalam upaya beliau menyiarkan agama Islam, ia memiliki strategi dengan mendirikan organisasi Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) pada 1 Januari 1981 dan sekaligus ikut aktif menyiarkannya,” ucap Andalusia.

Tutty Alawiyah juga sempat aktif dalam International Muslim Women Union (IMWU), sebuah organisasi muslimah dunia beranggotakan 88 negara yang berpusat di Sudan, Afrika Utara. Selain aktif dalam bidang dakwah, Tutty juga berkiprah di bidang politik. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (1998-1999) dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (1992-2004)

Tutty Alawiyah lahir di Jakarta pada 30 Maret 1942. Ia merupakan putri dari KH Abdullah Syafi’ie dan Rogayah. Sejak kecil hingga mahasiswa, Tutty mengenyam pendidikan di Jakarta. Ia lulus dari IAIN Syarif Hidayatullah (sekarang UIN Syarif Hidayatullah, red) pada 1976.

Sementara itu, Bupati Agam melalui Kabag Kesra, Jatirman mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa rombongan BKMT Agam di rumah kediaman AlmhTutty Alawiyah.

Jatirman mengatakan, adapun maksud dari kunjungan ini dalam rangka belajar dan mengetahui bagaimana perjalanan hidup seorang ulama perempuan yang sangat berpengaruh di Indonesia terutama bagi organisasi BKMT.

“Kami belajar tentang perjuangan dari almarhumah Hj Tutty, beliau sangat menginspirasi banyak umat di Indonesia ini, dan kami ingin menirukan bagaimana kegigihan beliau dalam mempertahankan serta berjuang untuk umat melalui BKMT,” ucapnyanya lagi

Selain itu, Ketua BKMT Agam, Ny Yenni Andri Warman sangat terpukau mendengar akan kisah perjuangan seorang pendiri BKMT pusat yang memiliki sejarah panjang dalam membantu umat islam.

Ia mengatakan perjuangan dan kegigihan beliau patut dicontoh karena itu merupakan suatu hal yang harus dimiliki seluruh umat islam dalam memperjuangkan agamanya.

“Kami para perempuan sangat bangga mempunyai ulama perempuan yang sangat inspiratif, semoga kami dapat melanjutkan ilmu beliau dalam mengelola organisasi khususnya BKMT,” harapnya.

Ia juga mengungkapkan terimakasih atas telah diterimanya kunjungan dari BKMT Agam dalam silaturahmi di rumah kediaman Almh Hj Tutty Alawiyah yang sangat inspiratif khususnya kaum perempuan dan pengurus BKMT.

Selesai silahturahmi, rombongan BKMT Agam juga diajak berkeliling komplek pondok pesantren khusus Yatim As-Syafi’iyah yang merupakan pondok pesantren milik Alm Hj Tutty Alawiyah yang sekarang dikelola oleh keluarga, sekaligus melakukan ziarah ke makam Almarhumah Hj Tutty Alawiyah yang berada di dalam komplek tersebut. (ISI)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *