Solusi Blankspot, Wagub Sumbar Launching Tower BTS dan Desa Digital

  • Bagikan

Ampek Nagari, AMC – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy Launching Tower BTS dan Desa Digital sebagai solusi Blankspot di Nagari Sitanang dan Pagadih di Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Selasa (24/09).

Lounching disambut antusias warga diwilayah itu dihadiri Bupati Agam diwakili Kadis Kominfo Agam Syatria, GM Telkom Witel Sumbar Muhammad Ihsan, Kepala OPD Lingkup Proprov Sumbar, Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota se Sumbar, Camat Ampek Nagari, Camat Palupuh, Walinagari Sitanang, dan lainnya

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat mengatakan, salah satu permasalahan di Sumbar adalah masih banyak blankspot sebanyak 430 lokasi tesebar di desa, jorong dan dusun.

“Ini disebabkan salah satunya karena topografi Sumbar yang berbukit dan berlembah, kita berkomitmen untuk mendorong Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) keseluruh pelosok daerah,” ujarnya

Agar akses lebih cepat jelasnya , Pemerintah Provinsi Sumbar berharap agar percepat pengetasan daerah Blank Spot melalui program-program Pemerintah Pusat, mengingat kewenangan pembangunan BTS berada di Pemerintah Pusat.

“Pemprov Sumbar membuat terobosan dengan mengandeng pihak ketiga yang telah berizin PT Telkom Indonesia membantu mempercepat pengentasan daerah blankspot di Sumbar,” terangnya.

Dengan cara ini, nagari yang kini menjadi desa atau nagari digital masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi, memanfaatkan teknologi untuk pengembangan potensi lokal, serta meningkatkan taraf hidup mereka melalui peluang yang ditawarkan oleh ekonomi digital.

“Semoga apa yang kita resmikan hari ini manjadi fondasi kuat bagi Sumbar menuju masa depan yang lebih maju dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Agam melalui Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Agam Syatria mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar melalui Kegiatan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Prop. Sumbar yang bekerjasama dengan Telkom dan Telkomsel.

“Saat ini sudah dilaksanakan kegiatan digitalisasi nagari digital dan pengentasan blankspot di Kabupaten Agam khususnya di Nagari Sitanang dan Nagari Pagadih ,” ujarnya.

Hal ini juga sejalan upaya Pemkab. Agam dalam pengentasan daerah blankspot di seluruh wilayah Kabupaten Agam, pihaknya menyakini bahwa digitalisasi merupakan kunci untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempercepat pembangunan di nagari- nagari.

“Alhamdulillah, secara bertahap jumlah blankspot di kabupaten Agam berkurang atas dibangunnya mini BTS di Nagari Sitanang dan Nagari Pagadih yang kita launching pada hari ini,” ujarnya lagi.
Penulis : Jonata
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *