Gedung Perpustakaan Berskala Nasional di Agam Akan Diresmikan Kepala Perpusnas

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Pembangunan gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam rampung.

Direncanakan bangunan berskala nasional itu anak diresmikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Agam, M. Arsyid, Selasa (22/2) menyebutkan, gedung perpustakaan itu rampung dibangun Desember 2021, melalui DAK Perpusnas dengan pagu anggaran Rp9,5 miliar.

“Kini kita tengah mempersiapkan acara peresmian. Dijadwalkan peresmian tanggal 8 Maret 2022 oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando,” ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya berupaya, acara peresmian gedung yang berdiri megah di komplek perkantoran pemerintahan kabupaten Agam itu berlangsung meriah, karena hal itu merupakan wujud antusias pemerintah dan masyarakat menyambut keberadaan gedung perpustakaan daerah itu.

“Dalam peresmian nanti kita akan gelar beragam kegiatan, yang diikuti langsung oleh Kepala Perpusnas, Bupati Agam dan lainnya,” sebut M. Arsyid.

Dijelaskan, kegiatan yang digelar itu seperti pengukuhan bunda literasi, yang diamanahkan pada Ketua TP-PKK Agam, Ny, Yennita Andri Warman. Kemudian talkshow bersama penggiat literasi, pengelola taman baca dan rumah baca, dengan narasumber Kepala Perpusnas, Bupati Agam, Ketua DPRD Agam, bunda literasi dan salah satu perguruan tinggi.

Selanjutnya penandatanganan kerjasama tentang perpustakaan antara perguruan tinggi dengan Perpusnas, penyerahan penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka pada Founder Rumah Baca Anak Nagari (RBAN) Gadut, serta penghargaan perpustakaan desa terbaik nasional.

“Untuk penghargaan perpustakaan desa terbaik ini diserahkan pada Perpustakaan Nagari Lubuk Basung, Sungai Pua, Sariak dan Manggopoh,” terangnya.

Untuk mematangkan persiapan, siang tadi pihaknya gelar rapat koordinasi bersama beberapa OPD yang dimpin Asisten III Setdakab Agam, Junaidi Dt Gampo Alan Nan Hitam, di ruang rapat Bupati Agam.

Junaidi minta acara peresmian didukung penuh oleh OPD yang terlibat dalam kegiatan itu, serta mempertanggungjawabkan tugasnya masing-masing untuk kelancaran acara tersebut.

“Beberapa hari menjelang acara kita akan rapat finalisasi, supaya persiapan betul-betul matang dan tidak ada lagi permasalahan,” ujarnya. (t_m)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *