Perang Kamang dan Manggopoh ke-110 Diperingati Kamis

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, akan menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Perang Belasting atau Perang Kamang ke-110, di taman makam pahlawan, Kamis (19/7).

Tidak hanya di Kamang Magek, Kecamatan Lubukbasung juga menggelar kegiatan serupa rangka memperingati Perang Manggopoh ke-110, di taman makam pahlawan.

Camat Kamang Magek, Harmezi menjawab AMCnews.co.id disela pelantikan Camat Malalak, Selasa (17/7) menyebutkan, upacara ini, akan menghadirkan komponen masyarakat, pelajar, TNI, Polri dan lainnya

Disebutkan, biasanya upacara peringatan perang Kamang dan pelaksanaan upacara digelar 15 Juni 2018, namun berkaitan lebaran, khusus tahun ini pelaksanaan upacara diundur dan untuk tahun berikutnya akan kembali seperti biasa.

Dalam peringatan perang Kamang ini, pihaknya sudah melakukan berbagai rangkaian kegiatan antara lain, pawai obor dan renungan suci dilaksanakan tepat pada malam takbiran Idul Fitri 1439 Hijriah, napak tilas, launching objek wisata Bukik Baka, program padat karya tunai bekerjasama dengan BNI wilayah Padang, gerak jalan dan upacara sebagai hari puncak dilanjutkan tabur bunga.

Menurutnya, rangkaian kegiatan itu, semangat Perang Kamang bisa tumbuh dalam diri masyarakat khususnya pada generasi muda, karena nilai seperti ini patut dicontoh bagi mereka dan diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

“Ini membuktikan, bahwa masyarakat Kamang menjadi penyumbang untuk kemerdekaan republik ini,” tegasnya.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *