Dapat Penghargaan BPS, Kabupaten Agam Diakui Atas Tata Kelola Statistik Berkualitas

  • Bagikan

Padang, AMC- Pemerintah Kabupaten Agam menerima penghargaan Penyelenggaraan Statistik Sektoral Terbaik 2024 yang diberikan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan ini diserahkan Senin (28/10), usai Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan Plh Sekdaprov Sumbar, Erinaldi, didampingi Kepala BPS Provinsi Sumbar, Sugeng Arianto, SSi, MSi,kepada Pjs Bupati Agam yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Agam, Syatria, SSos, MSi.

Kepala BPS Sumbar, Sugeng Arianto, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan kepada lima pemerintah daerah di Sumatera Barat yang berhasil menyelenggarakan statistik sektoral sesuai dengan standar yang ditetapkan BPS.

Kabupaten Agam, yang meraih posisi teratas, diakui atas komitmennya dalam mengelola dan menyajikan data statistik sektoral secara akurat dan sistematis.

“Statistik sektoral memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah, karena digunakan dalam setiap tahapan mulai dari input, proses, hingga evaluasi,” ujar Sugeng saat diwawancarai di Kantor BPS Provinsi Sumbar.

Ditambahkan, Kabupaten Agam telah menginisiasi penyelenggaraan statistik sektoral dengan melibatkan BPS, sesuai dengan standar sistem statistik nasional.

Sugeng mengungkapkan penilaian penghargaan ini dilakukan secara menyeluruh, mulai dari hulu hingga hilir, dan diplenokan di tingkat pusat.

Diaebutkan tahun 2023 lalu, skor penyelenggaraan statistik sektoral di Sumatera Barat masih tergolong “kurang,” namun kini meningkat ke kategori “baik” bagi provinsi dan lima kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Agam.

Penghargaan ini, menurut Sugeng, menjadi inspirasi sekaligus dorongan untuk terus meningkatkan penyelenggaraan statistik sektoral demi Sumatera Barat yang lebih baik.

Sementara itu, Pjs Bupati Agam yang diwakili oleh Kadiskominfo, Syatria, mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak di Kabupaten Agam dalam mewujudkan tata kelola data yang berkualitas.

“Penghargaan ini bukanlah akhir, melainkan langkah awal untuk terus berinovasi dan memperkuat kualitas data sektoral sebagai dasar pengambilan kebijakan yang tepat. Kami berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh OPD di Agam untuk bersama- sama membangun daerah yang lebih maju,” ujarnya.-
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *