Buka Pelatihan Pemandu Wisata, Bupati Agam Harap Sektor Wisata Meningkat

  • Bagikan

Matur, AMC– Bupati Agam Dr. H.Andri Warman MM berharap melalui, pelatihan pemandu wisata alam dapat memberikan dampak pada peningkatan penjualan di sektor ekonomi dan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Agam.

“Kabupaten Agam memiliki Kawasan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau yang diharapkan dapat menjadi destinasi geowisata berbasis budaya, bertaraf Internasional dan bekerlanjutan. Oleh sebab itu, harus didukung dengan SDM sebagai pemandu yang berkualitas,” ujar Bupati Agam saat membuka kegiatan pelatihan pemandu wisata alam (Geowisata) di Lawang Park, Kecamatan Matur, Selasa (16/7).

Andri Warman menyebutkan, sektor pariwisata merupakan industri jasa yang telah memberikan kontribusi besar dan memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, diharapkan para peserta pelatihan dapat mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan serta dapat menciptakan kolaborasi dalam pengembangan pariwisata di nagari,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Dedi Asmar mengatakan, agenda ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu geowisata agar dapat memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Disebutkan, peserta pelatihan ini berjumlah 40 orang pemandu wisata dari 16 kecamatan se Kabupaten Agam.

“Agenda yang dilaksanakan mulai 16 -19 Juli 2024 ini berasal dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Dana pelayanan kepariwisataan tahun anggaran 2024,” katanya.-
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *