Kukuhkan TPPS, Bupati Agam : Dapatkan Data Akurat Guna Menyelesaikan Penurunan Stunting

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM mengukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Agam yang dilaksanakan di Balairung Rumah Dinas Bupati di Lubuk Basung, Senin (03/10).

Selesai pengukukan, Bupati Agam menyampaikan guna penyelenggaraan percepatan penurunan stunting perlu dibentuk tim. Tim tersebut bertugas untuk mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting. Penurunan stunting dilakukan secara efektif dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor terutama di Kabupaten Agam.

Ia juga menyebutkan, dengan dibentuknya TPPS di Kabupaten Agam, dengan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri sebagai ketua, maka akan mempermudah dan dapat merealisasikan program penurunan stunting di Kabupaten Agam. Sehingga nantinya akan didapatkan data yang akurat dan dapat menyelesaikan permasalahan mengenai stunting dengan tepat di Kabupaten Agam.

“Ini merupakan masalah yang serius, dengan sudah dibentuknya tim ini, maka nantinya dapat merealisasikan program penurunan stunting di Agam ini,” katanya.

Oleh sebab itu, bupati meminta, program percepatan penurunan stunting atau anak mengalami kekerdilan akibat gizi buruk di Kabupaten Agam dapat terintegrasi sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

“Kita mengapresiasi atas diselenggarakan kegiatan ini, yang dimana sebagai peran serta dan kepedulian bersama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris BKKBN perwakilan Sumbar, Nova Dewita, mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan yang bersifat edukasi dan tindakan pencegahan merupakan upaya sangat efektif untuk mencegah stunting.

“Pencegahan stunting sangat tergantung pada perilaku individu, didukung kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan pemerintah, non pemerintah dan masyarakat pada umumnya,” katanya

Segera diperkuat lintas sektor, mitra kerja, CSR, bahkan orang-orang individu, tambah Nova, Kabupaten Agam bisa melakukan percepatan penurunan stunting di daerah itu, agar SDM Kabupaten Agam semakin sehat dan berkualitas.

Adapun susunan TPPS di Kabupaten Agam yakni, Bupati Agam sebagai ketua pengarah, Wakil Bupati Agam sebagai ketua pelaksana, dan Sekretaris Daerah, Kepada Bappeda, Ketua TP-PKK sebagai wakil ketua pelaksana. Lalu Kadis Dalduk KB PP dan PA sebagai sekretaris pelaksana. Kemudian Kepala OPD di lingkungan Pemda Agam sebagai ketua bidang dan anggota.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Agam, Camat se – Kabupaten Agam, Ketua GOW, Walinagari, Kepala Puskesmas, OPD dan lainnya. (Ikhsan)

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *