Wabup Agam Monitoring Hari Kedua Pilwana Serentak

  • Bagikan

Agam, AMC – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah monitoring pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak 2021, diberbagai lokasi pada empat nagari yang melaksanakan pesta demokrasi nagari itu, Kamis (4/11).

Peninjauan ini didampingi Waka Polres Agam, Kompol Syafril, Kepala DPMN Agam, Asril, Kadisdukcapil Agam, Helton, Kepala Satpol PP-Damkar Agam, Kurniawan Syahputra, camat terkait dan lainnya.

Irwan Fikri mengatakan, hingga hari kedua ini sesuai laporan dan kunjungan lapangan yang dilakukan diberbagai lokasi, Pilwana serentak di Agam berjalan dengan baik dan lancar.

“Partisipasi warga untuk memilih pemimpin di tingkat nagari pun cukup tinggi,” ujarnya.

Apalagi, katanya, Pilwana serentak ini dilaksanakan secara e-Votting atau pemungutan suara berbasis elektronik, bisa mendapatkan hasil pemilihan yang cepat dan akurat.

Dikatakannya, Pilwana merupakan proses pemilihan pemimpin tingkat nagari, maka setelah pesta demokrasi ini selesai diharapkannya warga tetap bersatu dan tidak terpecah akibat beda pilihan.

“Tetaplah bersatu dan Pemilu badunsanak yang sering didengungkan selama ini, mari kita praktekkan di wilayah masing-masing,” pintanya.

Pemilu badunsanak itu, sebutnya, jangan sebatas slogan saja, tapi betul-betul diwujudkan, karena siapa terpilih itu lah yang terbaik menurut warga.

Sementara itu, Kepala DPMN Agam, Asril mengatakan, hari ini Pilwana dilaksanakan di delapan nagari seperti, di Nagari Tanjuang Sani, Sungai Batang, Lawang, Tigo Balai, Parik Panjang, Baringin, Sipinang dan Sungai Puar.

“Ini merupakan tahap kedua, yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan tiga hari lalu di empat nagari,” katanya.

Ia menjelaskan, Pilwana serentak tahun ini dilaksanakan di 25 nagari dari 82 nagari yang ada di Kabupaten Agam.

“Pemilihannya kita laksanakan empat tahap secara e-voting. Alhamdulillah, inovasi ini dapat perhatian khusus dari daerah lain, salah satunya Kabupaten Pringsewu yang sudah menyaksikan secara langsung Pilwana sistem elektronik ini,” terangnya. (t_m)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *