Bupati Agam Hadiri Safari Dakwah IPHI di Canduang

  • Bagikan

Canduang, AMC – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman hadiri safari dakwah yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Agam, di Masjid Taqwa Mantuang Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Minggu (19/9).

Kegiatan yang diikuti seluruh IPHI cabang ini, juga dihadiri Kadiskominfo Agam, Rahmad Lasmono, Kaban Kesbangpol, Yunilson, Kabag Kesra Setda Agam, Surya Wendri, Camat Canduang, Fauzi dan lainnya.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman mengapresiasi IPHI Kabupaten Agam yang tetap rutin melakukan pertemuan, meski sudah dua tahun tidak bisa berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji akibat pandemi Covid-19.

“Akhir-akhir ini secara nasional kasus positif Covid-19 terjadi penurunan, semoga wabah ini cepat hilang supaya ibadah haji bisa dilaksanakan kembali,” ujarnya.

Meski begitu, ia berharap masyarakat tetap mewaspadainya dengan disiplin protokol kesehatan, supaya virus corona betul -betul hilang di bumi ini dan aktivitas masyarakat bisa normal kembali.

Pada kesempatan itu, bupati yang akrab disapa AWR ini paparkan berbagai program yang dilaksanakan dalam menjadikan Agam lebih maju.

Dari berbagai program yang dipaparkan, diantaranya terkait tunjangan biaya hidup bagi 100 putra putri terbaik Agam yang diterima di perguruan tinggi ternama melalui jalur undangan.

“Selain jalur undangan, kriteria lain dari penerima program ini adalah berasal dari keluarga kurang mampu, serta anak yatim atau piatu,” sebutnya.

Program ini, katanya, sudah dilaunching sekitar dua pekan lalu, dengan nominalnya bervariasi sesuai wilayah di mana mereka kuliah.

Kemudian program pengembangan pendidikan yaitu bidang adat istiadat, agama dan bahasa Inggris, serta program lainnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Agam, Darnis Burhan mengatakan, IPHI juga miliki program yang sama dengan Pemkab Agam, yaitu membantu biaya pendidikan bagi anak yang tidak mampu, tapi miliki kecerdasan.

“Program ini satu anak satu kecamatan, kini kita sudah miliki dua anak asuh dan sekolahnya dibiayai hingga selesai,” katanya.

Anak asuh ini, sebutnya, akan dibina oleh IPHI supaya ke depan mereka mampu jadi ulama yang akan mensyiarkan agama Islam di tengah masyarakat.

Dalam safari dakwah ini, juga dilakukan pengukuhan pengurus cabang IPHI Kecamatan Canduang periode 2021-2026, yang dilakukan Ketua IPHI Agam, Darnis Burhan.

Pengurus cabang IPHI Kecamatan Canduang yang dikukuhkan ini, Ketua adalah Zulhendri, Wakil Ketua, Aswandi, Sekretaris, Aldri, Wakil Sekretaris, Bahriyal dan Bendahara, Fatma Yenatty.

Selain pengurus inti, juga dikukuhkan seksi-seksi seperti seksi organisasi, keanggotaan dan humas, seksi ibadah sosial usaha dan kesejahteraan umat, seksi dakwah, pendidikan dan pelatihan, serta seksi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (t_m)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *