Dua Nagari di Agam Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

  • Bagikan

Matur, AMC – Bupati Agam Dr. H. Andri Warman mengapresiasi Nagari Lawang Kecamatan Matur dan Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya yang berhasil masuk 100 besar nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

“Alhamdulillah, ini pencapaian yang membanggakan. Artinya Kabupaten Agam khususnya desa wisata di Lawang dan Sungai Batang semakin dikenal hingga tingkat nasional. Ini bisa menjadi semangat kita untuk lebih meningkatkan dan memajukan sektor pariwisata di Agam,” ujar Bupati AWR saat mengunjungi Desa Wisata di Nagari Lawang, Minggu (22/8) siang.

Bupati juga berharap masyarakat dapat terus memanfaatkan potensi yang ada di desanya, agar bermanfaat dan bernilai ekonomi untuk kemajuan daerah. Sehingga kehadiran Desa Wisata dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

“Harapan kita, setelah ini Lawang dan Sungai Batang terus masuk nominasi terbaik di tingkat nasional,” harap bupati.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria, saat dimintai keterangan, mengatakan ADWI tahun 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa (nagari) wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Kemenparekraf akan menjadikan data serta informasi yang ada di laman jadesta.com sebagai wadah dan arah dalam penyusunan rencana serta pengembangan seluruh desa wisata yang ada di Indonesia.

Event yang diikuti 1.831 Desa Wisata dari seluruh Indonesia ini, bertujuan menjadikan Desa Wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata bertaraf dunia dan berdaya saing tinggi.

Ia menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memiliki tujuh kategori penilaian yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), Desa Digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet. (Finand)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *