Nagari se-Ampek Koto Salurkan Bantuan Beras Gratis, Camat: Kualitasnya Dipuji Masyarakat

  • Bagikan

Ampek Koto, AMC – Hari ini, Minggu (5/4) nagari se-Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam bergerak untuk menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat terdampak wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Camat Ampek Koto, Ekko Espito menyebutkan, di kecamatan itu stok bantuan beras sebanyak 25,7 ton lebih, disalurkan kepada 1.395 rumah tangga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di luar penerima bantuan sembako atau BPNT.

“Bantuan yang bersumber dari Pemkab Agam ini, penyalurannya diserahkan kepada wali nagari masing-masing, dengan cara diantarkan langsung ke rumah penerima,” ujarnya.

Hal ini supaya pola social dan physical distancing yang diterapkan dapat berjalan dengan optimal dalam memutus mata rantai Covid-19. Sedangkan pembagian bantuan ini jumlahnya bervariasi sesuai jumlah anggota keluarga. Apabila anggota keluarga 1 orang dibantu 10 kilogram, jika lebih diberi 20 kilogram.

Seluruh nagari di IV Koto bergerak bersamaan dalam pendistribusian bantuan ini, tinggal satu jorong lagi di Nagari Balingka yang belum selesai. Sebab, penduduk Balingka banyak, maka pendistribusiannya dilanjutkan besok.

Dari jumlah bantuan beras, Ekko merincikan di Nagari Koto Gadang sebanyak 1,8 ton, Balingka 6,9 ton, Guguak Tabek Sarojo 3,4 ton, Sungai Landia 4,1 ton, Koto Tuo 2,9 ton, Sianok Anam Suku 3,1 ton dan Koto Panjang 3,2 ton.

“Kualitas beras yang disalurkan dipuji oleh masyarakat. Ini membuktikan kalau pemerintah betul-betul membantu, tidak hanya sekedar menyediakan bantuan,” tukasnya.

Lebih jauh Ekko mengungkapkan, pihaknya juga mendapatkan tambahan bantuan beras dari perantau sebanyak 4 ton, yang diperuntukkan kepada warga di luar DTKS yang terdampak wabah Covid-19.

“Beras ini juga sudah disalurkan secara bersamaan dengan bantuan Pemkab Agam,” sebutnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *