Agam Ikut Andil Lomba Desain Busana Muslimah

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Guna penguatan inovasi dan melestarikan warisan pakaian budaya Minang, pakaian Minang asal Kabupaten Agam, ikut andil dalam lomba Desain Busana Muslimah tingkat Provinsi Sumbar 2018, yang digelar di Hotel Axana Padang, Jumat (7/9).

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda Agam, Ny. Vita Indra Catri, kepada AMCNews.co.id, Jumat (7/9) sore, di Lubuk Basung, mengatakan kegiatan itu sebagai upaya pelestarian dan pengembangan produk kerajinan berbasis budaya lokal dan daerah.

“Busana kita ditampilkan melalui model muslimah dari Provinsi Sumbar dihadapan puluhan desainer Sumbar maupun Ibu Kota Jakarta,” katanya.

Pakaian muslimah yang diperagakan adalah desain busana berbahan katun yang dikombinasikan dengan sulaman tangan hasil jahitan pengrajin Agam.

Menurut Ny. Vita, dewasa ini jenis kerajinan sulaman tangan seperti pakaian, harus bisa mengikuti keinginan selera pasar, dan tidak selalu berbentuk klasik atau model lama.

“Langkah ini sudah kita lakukan secara bertahap dan mendapat respon positif dari para pengrajin kita,” ujarnya.

Terkait hal itu, sebagai lembaga pembina kerajinan dan mitra pemerintah, Dekranasda Agam juga terus berkiprah dalam membina pengrajin kerajinan melalui kegiatan pameran atau sejenisnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.