Kecamatan Palupuh Juara Satu Lomba Cipta Menu B2SA

  • Bagikan

AMCNews.co.id — TP-PKK Kecamatan Palupuh berhasil meraih juara pertama pada Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Agam, yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam bersama TP-PKK Agam.

Hasil kreasi menu masakan yang disajikan oleh TP-PKK Kecamatan Palupuh yang dipimpin oleh Ny. Vira Handrizal mengalahkan pesaing lainnya dari 16 kecamatan yang mengikuti lomba Menu B2SA.

Dalam lomba tersebut selain juara 1 diraih oleh Kecamatan Palupuh, untuk Juara 2 di raih Kecamatan Lubuk Basung, juara tiga Matur.

Lalu, harapan tiga diraih Kecamatan Ampek Nagari, harapan dua Tanjung Mutiara dan harapan satu Ampek Angkek.

Pemberian hadiah diserahkan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri bersama Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, saat kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA, di Nagari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang, Rabu (5/9).

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, mengatakan Lomba B2SA dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga serta meningkatkan ketahanan pangan lokal.

Menu yang ditampilkan pada lomba menu B2SA selain berbahan pangan lokal seperti jagung, umbi-umbian, sayur, buah, serta ikan lokal juga memperhatikan pada aspek kebersihan, keanekaragaman, tampilan sajian dan kandungan giizi dari menu masakan yang ditampilkan.

Menurutnya, menu makanan yang sehat dan bergizi tidak harus mahal. Tetapi bisa dibuat dan dikreasikan sendiri dirumah dengan memanfaatkan tanaman lokal yang ada d sekitar kita.

“Menu masakan lebih menekankan pada kearifan lokal. Jadi apa yang menjadi kebiasaan masyarakat setempat di gali dan ditampilkan. Kita ingin menggali potensi yang ada kecamatan yang mempunyai sumber daya pangan yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengucapkan selamat dan apresiasi kepada kader PKK Kecamatan Palupuh yang berhasil juara terbaik.

“Semuanya terbaik. Namun, namanya lomba pasti ada menang dan kalah. Tetaplah berbesar hati karena ini bukan akhir segalanya masih ada kesempatan selanjutnya.

Bagi yang menang jangan terlalu euforia, karena masih ada lomba yang lebih tinggi selanjutnya,” ujar Ny. Vita menjelaskan.

Ia menyebutkan, kepada Kecamatan Palupuh nantinya akan mewakili Agam pada lomba Cipta Menu B2SA tingkat Sumbar, Oktober 2018, di Kota Padang.

“Saya berharap kader PKK Kecamatan Palupuh mempersiapkan diri agar memenangkan kompetisi bergengsi ini,” ujarnya.
(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.