Simuntu Meriahkan Pawai Alegoris HUT RI ke-73 di Agam

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Simuntu yang merupakan permainan masyarakat Minangkabau, kenbali meramaikan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia di Kabupaten Agam, Sabtu (18/8) di Lubuk Basung.

Ketua panitia pawai alegoris Pemkab Agam, Isra, saat menyaksikan pawai alegoris, mengatakan simuntu ditampilkan sejumlah grup pawai dan diiringi alat kesenian tambua tansa.

“Ada belasan grup yang menampilkan simuntu ini saat pawai alegoris itu,” katanya.

Ia menambahkan kehadiran simuntu ini menghibur ribuan warga Lubuk Basung, karena aktor yang berperan sebagai simuntu itu berpakaian ijuk, daun pisang yang sudah kering.

Belum lagi, muka simuntu ditutup topeng yang dibuat dari kertas kardus dan dilukis seseram mungkin. “Simuntu ini menari-nari diiringi tambua tansa,” katanya.

Pawai alegoris yang dilepas dari rumah dinas bupati menuju Pasar Lama Lubuk Basung ini diikuti lebih kurang 700 grup yang berasal dari TK, SD,SMP,SMA sederajat, organisasi kepemudaan, Satuan OPD di lingkungan Pemkab. Agam,

“Peserta pawai alegoris ini ribuan orang,” ujarnya.

Salah seorang warga Lubuk Basung, Rina, mengatakan kehadiran Simuntu sangat menghibur masyarakat yang menyaksikan pawai tersebut, sehingga warga rela berdiri sepanjang rute yang dilalui dengan cuaca yang panas.

“Ini kesempatan akmi menyaksikan pawai dengan penampilan kesenian daerah, karena kegiatan ini hanya satu kali dalam setahun yang diadakan Pemkab Agam,” katanya.

(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.