Cerdaskan Anak Bangsa, Forkap Bangun Rumah Baca

  • Bagikan

AMCnews.co.id —Anak Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Anak Nagari Kampuang Pinang (Forkap) bangun rumah baca sebagai upaya cerdaskan anak bangsa dimasa mendatang.

Ketua Forkap, Ofrinaldi menyebutkan bahwa rumah baca yang mulai berfungsi awal 2018 itu, saat ini sudah memiliki hampir 1.000 judul buku yang merupakan sumbangan dari masyarakat kampung dan perantau.

Menurutnya, kemajuan teknologi pada era saat ini membuat minat membaca generasi berkurang, padahal buku adalah gudang ilmu dan tulisan yang dibaca memuat ilmu pengetahuan yang bisa di pertanggung jawabkan.

“Melihat kondisi tersebut, timbul ide para pemuda setempat untuk membangun satu rumah baca, “ ujarnya saat gotong royong pembenahan bangunan, Senin (13/8).

Tidak hanya itu, rumah baca Forkap juga mendapatkan pinjaman buku dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam sebanyak 30 eksemplar buku setiap bulan.

“Banyaknya jumlah buku mulai mengundang masyarakat setempat untuk mebaca, setidaknya dari pagi sampai Magrib rumah baca Forkap tidak pernah kosong pengunjung,” ujarnya pula.

Dijelaskan, buku yang ada beragam mulai dari buku pelajaran, pengetahuan umum, resep masakan, bahkan buku cerita bergambar untuk anak-anak juga disediakan, pembaca tidak dipungut biaya tetapi buku tidak boleh dibawa pulang.

Ketua Forkap itu mengaku, bangunan yang digunakan untuk rumah baca merupakan pinjaman dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kampung Pinang, berharap suatu saat bisa memiliki bangunan sendiri.

“Kita tetap upayakan membuat pembaca nyaman di rumah baca ini, rencananya kita akan sediakan dispenser air minum dan kursi yang nyaman untuk para pembaca,” ulasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Ofrinaldi, dengan jumlah koleksi buku yang ada dinilai masih kurang, jika ada masyarakat yang menyumbangkan buku atau fasilitas lainnya Forkap siap menerima dengan tangan terbuka.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.