25 Tahun Ibukota Agam, Banyak Kemajuan Dirilis

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Bupati Agam indra Catri Dt. Malako nan Putiah mengatakan, 25 tahun sejak perpindahan Ibukota kabupaten Agam ke Lubuk Basung, banyak perubahan dilakukan melalui inovasi dan berbagai program pembangunan.

Hal itu disampaikan Bupati Agam saat memberikan sambutan pada upacara peringatan 25 tahun Lubuk Basung sebagai Ibukota kabupaten Agam, di halaman depan kantor Bupati Agam. Kamis (19/7)

Berbagai upaya dan keberhasilan pembangunan tersebut, dapat dilihat pada kondisi nyata saat ini, baik pembangunan fisik maupun non fisik.

“Alhamdulillah sejak Lubuk Basung menjadi Ibukota kabupaten Agam, sudah banyak perubahan melalui sentuhan pembangunan yang inovatif,” ujarnya

Ditambahkan Bupati, perubahan pembangunan itu seperti, pembangunan Sport Center Bukik Bunian dan Gelanggang Olahraga Rang Agam, yang menyediakan sarana olahraga dan juga dapat dimanfaatkan untuk acara-acara lainnya serta tempat bermain anak-anak.

Pembangunan komplek perumahan dan rumah susun sewa, bekerjasama dengan kementrian maupun pengembang swasta untuk menyediakan hunian yang sehat dan layak bagi masyarakat.

Peningkatan sarana dan prasarana jalan kota Lubuk Basung , mulai dari aspal lapen hingga aspal hotmix, serta trotoar, “yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pejalan kaki, dan yang lebih utama lagi menunjang tertib berlalu lintas,”ujarnya lagi.

Penataan bangunan komplek perkantoran serta penataan perkotaan dengan pola super blok, “yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menciptakan keteraturan, keindahan dan ketertiban,” jelas Bupati.

Perbaikan mesjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung, “disamping sebagai tempat ibadah dan pusat keagamaan, juga menjadi salah satu icon di pusat kota Lubukbasung ,” tambahnya lagi

Menanggulangi masalah persampahan di kota Lubuk Basung dengan penyediaan tempat pembuangan sampah, “yang diolah pada Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Sungai Jariang,” ungkapnya

Pemasangan lampu jalan secara bertahap sebagai penerangan umum dikawasan Lubuk Basung, dan juga taman-taman kota yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat barmain anak-anak.

“Selain membangun infrasruktur fisik kita juga membangun mental masyarakat, kerana tidak akan ada artinya sebuah sarana dan prasarana yang megah tanpa sumberdaya yang mumpuni,” ulasnya

Masih banyak kegiatan pembangunan yang sudah maupun akan dilakukan Pemkab Agam di daerah ini
“Pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan marwah Lubukbasung sebagai Ibukota kabupaten Agam,” ulasnya

(AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.