Disdukcapil Agam Buka Loket Khusus Lansia dan Disabilitas

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, saat ini menjadi instansi yang ramai dikunjungi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Namun, tidak menjadi penghalang bagi instansi itu untuk berinovasi dalam peningkatan pelayanan.

Kepala Disdukcapil Agam menjawab AMCNews.co.id, di Lubukbasung, Senin (16/7) menyebutkan, inovasi baru itu antara lain membuka loket pelayanan khusus kepada masyarakat lanjut usia (lansia) 65 tahun ke atas, penyandang disabilitas, ibu hamil dan menyusui, yang sudah dibuka sejak awal Juli 2018.

“Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan adminduk dan bentuk penghargaan serta penghormatan kepada orang tua, disabilitas, ibu hamil dan menyusui,” ujarnya.

Disebutkan, kemudahan yang diberikan yaitu, mereka bisa datang langsung ke Disdukcapil dan mendapatkan pelayanan tanpa harus mengambil nomor antrian. Pelayanan diberikan harus dibedakan dengan masyarakat lain, karena mengingat kondisi mereka yang tidak mungkin ikut antrian.

Di samping itu, Disdukcapil juga menyediakan jalur khusus bagi lansia dan disabilitas. Sedangkan ibu hamil dan menyusui disediakan ruang tunggu dan ruang menyusui yang terpisah.

“Dengan fasilitas ini, diharapkan mereka yang diberikan pelayanan khusus dapat memperoleh pelayanan yang nyaman dan memuaskan tanpa harus mengikuti antrian. Sehingga, para petugas diminta agar melayani dengan baik,” ujarnya pula.

Lebih lanjut Misran menyebutkan, pihaknya saat ini melakukan pelayanan jemput bola ke Kecamatan Tanjung Mutiara, supaya masyarakat tidak jauh untuk berurusan mengurus adminduk.

Menurutnya, sistem jemput bola ini dilakukan untuk mensukseskan pemilu yang akan berlangsung pada 2019 mendatang, disamping mempercepat capaian target nasional 100 persen untuk e-KTP.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.