Nilai UN SMP Pengaruhi Penerimaan Siswa Baru SMA/SMK

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Penerimaan siswa baru tingkat SMA/SMK di Provinsi Sumatera Barat, yang dilakukan dengan sistem online, disambut baik oleh pihak SMA Negeri 1 Lubukbasung, Kabupaten Agam.

Kepala SMAN 1 Lubukbasung, Taslim menjawab AMCnews.co.id di ruang kerjanya, Rabu (4/7) mengatakan, bahwa sistem online dapat mempermudah siswa dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mereka untuk memilih sekolah yang diinginkan. Namun, semua tergantung kepada nilai UN masing-masing siswa.

“Sistem online bisa dilakukan di sekolah lain tanpa harus ke sekolah yang mereka tuju, cukup menyerahkan formulir pendaftaran dan SKHUN kepada operator yang ada di sekolah dan datanya langsung dientri,” jelasnya.

Disebutkan, lulus tidak lulusnya siswa ditentukan pemprov, pihak sekolah hanya menerima hasil yang sah, tetapi penerimaan diprioritaskan pada siswa memiliki nilai tertinggi.

Diakuinya, hal itu bisa menjadi pemicu bagi siswa SMP untuk lebih giat belajar dan memiliki nilai UN yang tinggi, sehingga nantinya mereka bisa memilih sekolah yang diinginkan.

“Di sisi lain, melalui sistem online ini kita tidak bisa membantu warga sekitar sekolah jika nilai anaknya rendah, tetapi kita sudah mengarahkan bagi siswa memiliki nilai rendah agar mendaftar tidak terfokus kepada satu sekolah,” ujarnya.

Pihaknya selalu mengingatkan setiap siswa yang datang agar juga mendaftar ke sekolah lain, karena dikuatirkan jika mereka mendaftar satu sekolah nilai UN nya tidak mendukung.

Tahun ajaran 2018/2019 SMAN 1 Lubukbasung menerima siswa 10 rombel dengan kuota 297 siswa baru dan 23 orang untuk siswa tinggal kelas.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.